Senin, 29 Agustus 2011

Busi 2-Tak dan 4-Tak, Beda Panas dan Dingin


 Spesifikasi sama bisa pakai
Busi alias komponen pemantik bunga api punya perbedaan untuk dipakai mesin 4-tak dan 2-tak. Perbedaaan ini menyangkut sistem kerja mesin 4-tak dan 2-tak. Kerja mesin 4 ketuk dan 2 ketuk yang efeknya pada perbedaan tipe busi.

“Dasarnya tetap sama. Soalnya pengetahuan busi secara umum hanya dibedakan pada derajat panasnya, panjang ulir dan diameter ulir busi,” ulas Sarwono Edhi dari Technical Service Development Head, PT Astra Honda Motor (AHM), Jakarta.

Edhi bilang, busi 4-tak dan 2-tak bisa dilihat dari tipe busi. Rata-rata busi 2 langkah tipenya panas, sedangkan pemantik bunga api 4 langkah jenisnya busi dingin.

“Panas di 2-tak lebih cepat dihasilkan dibandingkan yang 4-tak. Busi panas akan lebih cepat melepas panas, sedangkan busi dingin pelepasan panasnya lebih lama,” ujar Edhi yang berkantor di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta Utara.

Ciri yang lainnya lagi, diameter ulir busi 2 langkah lebih besar dibanding 4-tak. Derat busi 2-tak lebih kasar dibanding 4 langkah. “Secara umum begitu. Tapi, belum tentu di motor merek lain,” kata Edhi yang berkacamata.

Karena itu, Edhi bilang prinsipnya busi 2-tak dan 4-tak bisa saling tukar. Asal punya kode dan spesifikasi yang sama.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar