Minggu, 28 Agustus 2011

Memonitor Performa Jaringan di win-xp dengan tools bawaan xp

Banyak faktor yg mempengaruhi performa dan kehandalan jaringan, termasuk koneksi remote, konfigurasi hardware (koneksi fisik). untuk itu kita bsa mengetahui kondisi koneksi jaringan yang sedang kita pakai. 

GETMAC 
getmac(getmac.exe) merupakan commandline tool yang bisa anda gunakan untuk mengetahui MACaddress semua kartu jaringan (LANcard) yg ter-plugin dikomputer kita.


Ipconfig
Ipconfig berfungsi untuk menampilkan konfigurasi Ip jaringan komputer. yg menggunakan jaringan TCP/IP. Anda dapat melihat semua informasi perangkat kartu jaringan secara terperinci, bisa digunakan memperbarui alamat Ip jaringan, meregistrasi ulang nama DNS (Domain Name System) dan banyak lg. Perlu diketahui bahwa jika salah digunakan maka IPconfig bisa menyebabkan masalah keneksi jaringan. kecuali anda benar2 familiar dengan fitur ini, ata gunakan hanya ipconfig/all untuk sekedar mengetahui informasi tentang kartu jaringan yg anda pakai.  

 
PATHPING
Anda bisa menggunakan pathping.exe untuk troubleshooting masalah konektivitas Ip, pathping ia menggabungkan tool PING dan Trace route. pathping mengirimkan paket kesetiap ruoter pada waktu pmenuju alamat tujuan akhir  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar